Senin, 02 Januari 2012

Ikatan antara Zat Warna Dispersi & Poliester


Jenis ikatan yang terjadi antara gugus fungsional zat warna dispersi dengan serat poliester ada 2  macam yaitu:
1.    Ikatan Hidrogen
Ikatan hidrogen merupakan gaya dipol yang mellibatkan ikatan hidrogen dengan atom lain yang bersifat elektronegatif. Kebanyakan zat warna dispersi tidak mengadakan ikatan hidrogen dengan serat poliester karena zzat warna dispersi dan serat poliester bersifat non polar. Hanya sebagian zat warna dispersi yang mengadakan ikatan hidrogen dengan serat poliester yaitu zat warna dispersi yang mempunyai donor proton seperti -OH atau -NH2. Reaksi yang terjadi antara zat warna dispersi dengan serat poliester adalah sebagai berikut :
 
2.    Ikatan Hidrofobik
Zat warna dispersi dan serat merupakan senyawa hidrofob dan bersifat non polar. Ikatan yang terjadi pada senyawa hidrofob dan bersifat non polar. Non polar ini disebut ikatan hidrofobik. Gaya yang berperan dalam terbentuknya ikatan hidrofobik antara serat poliester dan zat warna dispersi adalah gaya dispersi london yang termasuk ke dalam gaya Van Der Waals ( gaya fisika ). Ikatan dari gaya Van Der Waals sesungguhnya terdiri dari dua komponen yaitu ikatan dipol dan gaya dispersi london. Akan tetapi sifat zat warna dispersi cenderung non polar, sehingga gaya yang berperan dalam terbentuknya ikatan antara zat warna dispersi dan serat poliester adalah gaya dispersi london.
Kenapa serat poliester bersifat hidrofob? ayo kita liat alasannya di TKP

4 komentar:

  1. Dani Raddclif Own25 Maret 2012 pukul 18.36

    Di, celup poliester pke zw dispersi belang dinu jet dyeing naon wae cuba?
    eheheehehehehhhhee...
    (Dani Raddclip Own)

    BalasHapus
  2. itu dan ada oligomer yang nempel sisa weight reduce, bisa juga karena zat pendispersi yang digunakan kurang sehingga tidak terdispersi secara mono molekuler, klo di jet dyeing mah gak pake zat anti crease mark dan

    BalasHapus
  3. adi bukannya ada ikatan dipol gituh yaa?
    (gigi)

    BalasHapus
  4. kalo dipol buat yang polar, kalo dispersi lebih cenderung non polar jadi lebih tepatnya dispersi london

    BalasHapus