Sabtu, 21 Januari 2012

Mekanisme Pencelupan (Vickerstaff)


Mekanisme pencelupan menurut teori pencelupan (Vickerstaff), terdiri dari tahap difusi zat warna dari fasa ruah larutan zat warna ke dekat permukaan serat, kemudian tahap adsorpsi zat warna ke permukaan serat, lalu tahap difusi zat warna ke dalam serat.
1.   Tahap difusi zat warna dalam larutan
Molekul-molekul zat warna akan selalu bergerak dalam larutan. Dengan adanya kenaikan suhu dan proses pengadukan pada proses pencelupan, pergerakan molekul zat warna akan semakin meningkat.
Serat tekstil, dalam larutan bersifat negatif pada permukaannya. Sehingga ada dua kemugkinan, yang pertama molekul zat warna akan tertarik oleh serat atau tertolak menjauhi serat. Oleh sebab itu diperlukan Zat pembantu Tekstil untuk mendorong zat warna lebih mudah mendekati permukaan serat.
2.   Tahap Adsorpsi
Molekul zat warna memiliki tenaga yang cukup besar sehingga dapat mengatasi gaya tolak dari permukaan serat sehingg amolekul zat warna dapat terserap menempel pada permukaan serat.
3.   Tahap Difusi
Pada tahap ini zat warna akan berdifusi dari permukaan serat  ke pusat serat. Tahap ini merupakan tahap yang paling lambat sehingga dipergunakan sebagai ukuran untuk menentukan laju pencelupan. Tahap difusi zat warna kedalam serat yang sangat tergantung pada kerapatan struktur serat, ukuran partikel zat warna dan kondisi proses pencelupan seperti suhu, pH, kesadahan air dan lain-lain.
Contoh, semakin tinggi suhu pencelupan semakin cepat laju pencelupan, tetapi affinitas zat warna akan turun karena reaksi fiksasi zat warna dengan serat bersifat eksotherm. Oleh karena itu dalam penyusunan skema proses, penentuan suhu dan waktu pencelupaan harus tepat.

2 komentar:

  1. lebih mantab bila gambar proses penyerapan zat warna terhadap seratnya di lampirkan :)

    BalasHapus
  2. Saya menjual Chemical untuk waste water treatment, Boiler, cooling tower, chiller ,dan oli industri untuk mesin hidrolik Cnc moulding dll untuk info lebih lanjut tentang produk ini bisa menghubungi saya di email tommy.transcal@gmail.com
    WA:081310849918
    Terima kasih

    BalasHapus