Jumat, 27 Januari 2012

Pencelupan Zat Warna Dispersi-Reaktif pada Kain T/C Metoda 1 Bath 2 Stage


Alhamdulillah ada waktu luang buat ngelanjutin apa yang sudah saya mulai, otak ungkin masi nge-hank karena 3 minggu kebelakang saya melaksanakan UAS semester,,,, nah kali ini saya akan sedikit menjelaskan lagi materi pencelupan.

Berbeda dengan metoda 1 bath 1 stage, pada metoda ini, pencelupan kain T/C lebih sederhana, resiko belang sedikit berkurang. Pemilihan zat warna ataupun zat pembantu akan lebih sederhana.
Disini kita hanya memilih zat warna disperse tipe C ataupun tipe D agar penodaan zat warna dispersi pada kapas sedikit. Dengan ukuran molekul zat warna yang besar, zat warna disperse akan semakin hidrofob sehingga gaya tolak menolak zat warna disperse dengan serat akan semakin besar sehingga penodaan zat warna pada serat kapas sedikit.
Selain itu, pada metoda ini tidak dilakukan proses cuci reduksi, karena proses itu akan merusak zat warna reaktif pada kapas, sehingga zat warna yang telah terfiksasi akan rusak.
Dibawah ini skema proses pencelupan kain T/C dengan zat warna reaktif-dispersi metoda 1 Bath 2 Stage:


Mungkin hanya dicukupkan sekian, simple kan?mudah-mudahan bisa dimengerti,,,, untuk melihat metoda 1 bath 1 stage bisa di lihat di TKP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar