Minggu, 25 Desember 2011

Membedakan sutra asli atau palsu, silk or silky?

hati-hati,,, itulah kata yang dapat saya katakan kepada orang yang suka membeli kain sutra.

dengan semakin canggihnya teknologi tekstil, banyak produsen yang membuat serat sesuai yang mereka inginkan, apakah kain ingin mengkilap? langsai? tebal? tipis? lemut? bahkan keras sekalipun.
namun kali ini saya hanya akan memperingatkan kepada orang yang akan mebeli kain sutra yang harganya lumayan mahal. banyak pedagang yang menawarkan produknya dan meyebutkan bahwa produknya terbuat dari sutra. Sekilas kainnya sama, pegangan lembut, dan kain mengkilap. namun apakah itu benar-benar dari sutra?
okeh kali ini kita bahas mana sutra yang asli dan mana sutra yang palsu alias boongan.
ada dua istilah yang pertama adalah "silk" yaitu sutra dan yang kedua adalah "silky" bahan yang menyerupai sutra, dengan sifat-sifat yang hampir sama dengan silk.
bagaimana cara membedakan antara silk dan silky?caranya gampang, walaupun sifat langsai dan kilapnya udah sama, tapi ada satu sifat silk yan tidak dimiliki oleh silky, yaitu bunyi gemerisik sebagai ciri khas dari sutra yang asli/silk.
untuk mendapatkan suara gemersik itu cukup mudah, kita tiggal menggosokan 2 lembar kain dengan tangan kita, kalo silk akan keluar bunyi gemerisik *kresek kresek kresek,,, he,,, sedangkan untuk silky tidak ada bunyi yang seperti itu
nah sekarang udah tau kan bedanya silky sama silk, so jangan ketipu lagi ia, beli barang murah dengan harga tinggi ^^,


3 komentar:

  1. paling gampang dan mudah tinggal bakar aja benangnya untuk membedakan :D

    BalasHapus
  2. kalo di toko kan gak mungkin di bakar ^^

    BalasHapus
  3. Jadi tahu cara bedain sutra asli dengan yg palsj

    BalasHapus